Apa Saja Item yang Harus Dicatat ketika Mengelola Keuangan Perusahaan?

Apa Saja Item yang Harus Dicatat ketika Mengelola Keuangan Perusahaan?

Setiap bisnis pastinya mempunyai laporan keuangan perusahaan, yang dibikin sebagai sebuah pertanggungjawaban dan juga tolak ukur. Apakah perusahaan tersebut termasuk yang dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. 

Laporan keuangan merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh seluruh perusahaan. Saat ini juga banyak aplikasi laporan keuangan perusahaan yang bisa digunakan. Untuk membuat laporan keuangan, terdapat sejumlah hal yang wajib Anda perhatikan yang berhubungan dengan penggunaannya dan isi. 

Nah, kira-kira apa saja hal yang wajib dicatat sangat mengelola keuangan? Lalu, apa saja informasi yang ada di laporan keuangan? Tentunya laporan keuangan yang benar di perusahaan sebaiknya terdapat 4 hal penting seperti berikut ini. 

Karakteristik dari Laporan Keuangan 

Anda harus tahu jika laporan keuangan perusahan wajib ditampilkan secara kuantitatif dan kualitatif dengan mempunyai karakteristik seperti di fitur pada beberapa aplikasi laporan keuangan. Hal tersebut meliputi: 

  • Buat laporan yang relevan 

Laporan keuangan bisa dinyatakan sesuai dan relevan saat laporan yang Anda sajikan tersebut sanggup untuk mengambil keputusan pada sebuah perusahaan untuk membuat kebijakan baru yang dipakai guna meningkatkan penghasilan dan memperbaiki beberapa aspek yang lain. 

  • Isi laporan dengan benar 

Laporan keuangan yang benar akan dikatakan handal saat Anda bisa memberikan informasi yang tepat sasaran dan handal. Ada 3 kriteria handal yakni jujur, netra atau tidak berpihak ke kepentingan mana saja dan bisa diverifikasi. 

  • Laporan keuangan yang mudah dimengerti 

Hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya yaitu laporan keuangan wajib disusun dengan baik sehingga seluruh transaksi yang dicatat di dalamnya dapat dimengerti oleh semua pemimpin yang ada di perusahaan. 

Saat laporan dapat dibaca dengan jelas, strategi yang dipakai guna merencanakan penjualan juga bisa semakin jelas kedepannya. 

  • Berikan unsur perbandingan di laporan 

Laporan keuangan wajib mempunyai informasi yang terpercaya dan lengkap. Jadi laporan keuangan yang diberikan ke pihak yang mengambil keputusan di perusahaan Anda dapat menjadi perbandingan. Perbandingan tentang apapun yang peri diperbaiki guna melaporkan keuangan selanjutnya termasuk strategi pemasaran barang. 

Apa Saja Item yang Harus Dicatat ketika Mengelola Keuangan Perusahaan?

Isi dari Laporan Keuangan yang Benar 

Untuk membuat laporan keuangan, isi yang harus Anda masukan pastinya memerlukan penyusunan dan penelitian yang tepat. Di bawah ini merupakan isi laporan keuangan yang benar di perusahaan. 

  • Masukan laba rugi 

Hal yang perlu Anda ketahui yaitu laporan keuangan wajib berisikan laporan laba rugi yang didapatkan dari jual beli jasa atau produk yang dilakukan oleh perusahaan Anda. 

Nantinya laporan laba rugi tersebut dibutuhkan guna mengetahui berapa efisiensi kinerja yang telah tercapai dan mengimplementasikan strategi bagaimana laba dapat ditingkatkan pada periode selanjutnya. 

  • Masukan cash in & cash out 

Cash in dan cash out juga harus ada didalam laporan keuangan. Laporan ini biasanya berisikan transaksi keuangan pada periode tertentu yang dilakukan oleh perusahaan. Lalu, bagi laporan kas masuk umumnya berisi penghasilan kotor yang didapatkan dari penjualan produk dan jasa. 

Sementara itu, kas keluar dapat berisikan laporan seluruh pengeluaran variabel atau tetap setiap bulannya seperti biaya telepon, perawatan inventaris dan biaya listrik. 

  • Arus kas 

Laporan arus kas atau cash flow merupakan perpaduan yang memasukan cash out dan cash in dengan berkesinambungan dan dipakai guna mengetahui apakah laporan keuangan untuk cash out dan cash in telah benar-benar sesuai atau belum. 

  • Perubahan ekuitas 

Perusahaan harus memberikan laporan perubahan ekuitas, yang mana laporan ini berisikan laporan untuk perubahan modal awal sampai akhir periode laporan. 

  • Buku besar 

Seluruh jenis transaksi keuangan yang dilakukan pada sebuah perusahaan nantinya akan dirangkum ke neraca yang memberikan seluruh jenis transaksi dan juga buktinya. 

Tujuan dari laporan keuangan 

Hal selanjutnya yang harus Anda ketahui yaitu laporan keuangan perusahaan dibikin sebagai sebuah pertanggungjawaban ke pihak yang berhubungan dengan usaha, baik untuk pihak internal atau juga eksternal. 

Sebuah perusahaan tentunya sangat memerlukan laporan keuangan yang benar dan diberikan secara lengkap menjadi laporan pertanggungjawaban dari seluruh divisi akan pengelolaan perusahaan. 

Fungsi laporan yang benar 

Laporan keuangan tidaklah sebuah bentuk pertanggungjawaban saja. Laporan ini pun mempunyai berbagai fungsi misalnya membantu pihak manajemen agar mengetahui apa saja resiko keuangan. 

Dapat pula membantu semua pihak perusahaan guna mengetahui keadaan keuangan, membuat rencana bisnis dan memperkirakan laba yang dapat dicapai. 

Nah, saat perusahaan sudah semakin besar dan memiliki banyak laporan yang perlu dibuat dan tidak mempunyai SDM yang dapat membuat laporan tersebut, Anda dapat menggunakan aplikasi laporan keuangan yang bisa membantu Anda untuk membuat laporan keuangan dengan mudah dan cepat. 

Itu tadi ulasan tentang beberapa item yang perlu dicatat saat mengelola keuangan perusahaan. Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda yang masih bingung menulis laporan keuangan.