Ini dia 5 Ide Bisnis yang Tak Membutuhkan Modal Besar

Ini dia 5 Ide Bisnis yang Tak Membutuhkan Modal Besar

Dampak pandemi yang berujung pada PHK besar-besaran pada akhirnya menambah jumlah pengangguran di masyarakat. Roda perputaran ekonomi pun semakin menurun karena daya beli masyarakatnya juga turun. 

Orang-orang pun melakukan segala cara agar tetap bisa bertahan hidup di tengah kondisi ekonomi yang memburuk seperti sekarang ini. Sebagai salah satu jalan keluar yang terbaik, sebagian besar yang terdampak akhirnya memilih untuk membangun sebuah bisnis. Menjalankan bisnis untuk memperoleh penghasilan tambahan bahkan dijadikan sebagai pendapatan utama karena memang sudah tak memiliki pekerjaan tetap lagi.

Akan tetapi, kerap kali banyak yang terkendala pada modal saat ingin memulai usaha. Padahal banyak sekali ide bisnis dengan modal kecil dan bisa mendatangkan untung yang besar. Penasaran apa saja itu ? Simak 5 ide bisnis yang tak membutuhkan modal besar di bawah ini !

1. Bisnis Aneka Kue 

Apakah Anda memiliki keterampilan di bidang pastry ? Jika iya, Anda harus coba peruntungan dengan berbisnis aneka macam kue, baik kue basah maupun kue kering. Bisnis ini tak butuh modal besar karena bisa dijalankan hanya dari rumah saja. Untuk memulai bisnis ini Anda hanya butuh menyiapkan modal sekitar Rp 5 juta saja atau bisa kurang dari itu. Besaran modalnya tergantung jenis kue yang ingin Anda jual dan peralatan yang dibutuhkan.

Untuk lebih menghemat biaya pembelian bahan baku, Anda bisa menjual kue dengan sistem pre order (PO). Sehingga Anda bisa memperkirakan modal yang dibutuhkan untuk membuat kue pesanan. Promosikan bisnis kue Anda ke kerabat, kolega atau tetangga terdekat. Dan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi, manfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Ini dia 5 Ide Bisnis yang Tak Membutuhkan Modal Besar

2. Agen Pulsa Elektrik

Meskipun bisnis yang satu ini berskala kecil, tapi Anda bisa menghasilkan omzet hingga puluhan juta setiap bulannya. Bisnis ini bisa dijalankan darimana pun dan kapan pun sehingga akan lebih fleksibel jika memang ingin dijadikan untuk sampingan. 

Cukup dengan mendaftarkan diri ke tiap provider dan mendeposit saldo pulsa mulai dari Rp 50 ribu saja, Anda sudah bisa menjadi agen pulsa elektrik. Mudah bukan ?

Carilah pelanggan yang ada di sekitar Anda terlebih dahulu sembari mengumpulkan lebih banyak modal lagi. Setelah itu, Anda bisa menambah deposit saldo secara bertahap bahkan membuka counter pulsa. Penjualan pulsa juga bisa dilakukan melalui situs belanja online agar pasar yang Anda jangkau semakin luas. 

3. Bisnis Pakaian Preloved

Kini bisnis pakaian bekas atau preloved sangat diminati banyak orang karena memang banyak dicari. Salah satu alasan kenapa baju bekas sedang banyak diincar masyarakat yaitu adanya kesadaran untuk menjaga lingkungan dari dampak yang ditimbulkan oleh konveksi atau pabrik tekstil.

Meskipun dijual dengan harga murah, rata-rata pakaian preloved itu masih layak pakai dan termasuk branded karena diimpor dari luar negeri. Saat ini, Anda bisa memilih berbagai paket usaha pakaian bekas impor dengan harga yang terjangkau yakni minimal Rp 1 juta. 

Tak sedikit juga yang memulai bisnis ini dengan menjual pakaian bekas milik pribadi. Sehingga Anda tinggal mempromosikannya saja. Dan agar lebih menarik, pastikan pakaian preloved yang dijual sudah bersih dan wangi. Anda juga bisa menambah packaging yang menarik. 

4. Jasa Cuci Motor 

Apakah Anda sudah memiliki modal sekitar Rp 3 juta dan masih bingung ingin mencoba bisnis apa ? Pertimbangkan untuk membuka jasa cuci motor. 

Bisnis ini termasuk yang tak akan ada matinya. Pasalnya, merawat kendaraan bermotor itu sudah menjadi kebutuhan masyarakat sehingga orang-orang pasti akan rutin membersihkan kendaraannya. Namun terkadang para pemilik kendaraan tidak sempat mencuci kendaraannya karena kesibukan sehari-hari. Akhirnya mereka lebih memilih menggunakan jasa cuci kendaraan minimal dua minggu sekali. 

Dengan modal 3 jutaan, Anda sudah bisa membeli segala perlengkapan dan peralatan mencuci yang sederhana seperti kompresor, sabun, pompa air, kain lap dan semir ban. Atau setidaknya modal yang dibutuhkan tidak lebih dari Rp 10 juta, sudah termasuk peralatan, biaya sewa tempat, dan biaya operasional lainnya.

5. Desain Grafis

Bisnis ini cocok untuk Anda yang tertarik dengan menggambar, terutama di bidang desain grafis. Anda bisa memanfaatkan keahlian yang dimiliki tersebut untuk mendatangkan keuntungan. 

Orang-orang banyak yang menggunakan jasa desain grafis ini untuk membuat logo, poster, banner, desain baju dan lain sebagainya. Karena bisnis ini sifatnya jasa, maka yang terpenting adalah layani klien dengan sebaik mungkin. 

Bagaimana untuk memulainya ? Perbanyaklah terlebih dahulu portofolio desain yang sudah Anda buat, kemudian tawarkan jasa Anda melalui media sosial maupun marketplace.

Demikian 5 ide bisnis yang hanya membutuhkan modal kecil. Anda bisa berkesempatan untung besar, asalkan tepat dalam menjalankan strategis bisnisnya dan pantang menyerah.