Ini Tips Untuk Memulai Usaha dengan Modal Minim


Saat ini banyak orang yang memiliki impian untuk membangun usaha yang sukses dengan pendapatan yang besar. Namun, impian tersebut seringkali gagal karena keterbatasan modal yang dimiliki. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan kegagalan dalam menjalankan usaha adalah kurangnya persiapan dan pengetahuan. 

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk memulai usaha dengan modal minim? Bagi kamu yang ingin memulai bisnis tak perlu risau karena artikel ini akan membahas mengenai tips-tips yang dapat kamu coba untuk mewujudkan impian usaha kamu. Yuk disimak!

  • Membuat Perencanaan Bisnis

Rencana bisnis dibutuhkan agar bisnis lebih terstruktur. Hal yang terdapat dalam perencanaan bisnis adalah ide bisnis dan target pasar. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah menentukan ide bisnis atau jenis usaha yang ingin kamu bangun. 

Usahakan untuk memilih jenis usaha yang kamu sukai agar kamu tidak merasa terbebani ketika menjalankan usaha tersebut. Kemudian pilihlah jenis usaha yang long lasting atau dapat bertahan lama seperti bisnis makanan, bisnis fashion ataupun bisnis kebutuhan pokok. 

Setelah menentukan ide bisnis, kamu dapat menentukan target pasar yang dituju. Cara yang dapat kamu lakukan yaitu membuat pertanyaan sedetail mungkin tentang siapa yang akan membeli produk kamu, dimana target market kamu berada, bagaimana konsumen menjalani gaya hidup, serta alasan konsumen membutuhkan produk kamu.

  • Melakukan Riset Pasar

Riset pasar bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi pasar yang ada. Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan dalam melakukan riset pasar seperti memastikan produk yang kamu jual dapat bersaing di pasaran, mencari informasi mengenai kekurangan dan kelebihan competitor.

Serta mencari informasi mengenai permasalahan yang sering dialami oleh konsumen. Kamu dapat menggunakan google trends, google alerts, kuisioner, dan lainnya sebagai media untuk melakukan riset pasar. 

  • Membuat Anggaran dan Rencana  Keuangan 

Anggaran Biaya penting direncanakan untuk mengetahui jumlah besaran modal yang akan dikeluarkan. Melalui anggaran biaya, kamu dapat mengatur keuangan dengan baik mulai dari biaya awal seperti biaya bahan baku dan peralatan hingga biaya marketing. 

Selain itu, kamu juga dapat mengatur biaya operasional dengan lebih selektif. Seringkali ditemukan pengusaha yang mengalami masalah keuangan akibat biaya operasional yang besar dan tidak sebanding dengan pemasukan. Oleh karena itu, penting bagi pengusaha dalam membuat anggaran biaya dan rencana keuangan agar usaha yang dijalankan dapat terus berjalan.

  • Memanfaatkan Teknologi

Penggunaan teknologi dapat membantu kamu dalam melakukan pemasaran produk secara luas. Kamu dapat menggunakan media sosial seperti instagram, facebook ads, dan platform lainnya untuk menjangkau konsumen. 

Kamu juga dapat menjual produk kamu di e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya. Seperti yang sudah diketahui, seiring perkembangan zaman banyak orang yang lebih tertarik untuk belanja online dibandingkan belanja secara langsung. 

Oleh karena itu, pemanfaatan media sosial menjadi salah satu cara yang efektif dalam menjalankan bisnis. Penggunaan sosial media sebagai sarana promosi dapat membantu kamu mengembangkan usaha dengan modal yang kecil. Usahakan untuk membuat postingan yang unik dan menarik  untuk memikat hati konsumen. 

  • Mencari Supplier yang Tepat

Mencari supplier yang tepat dan terpercaya merupakan tantangan utama bagi para pengusaha. Tidak sedikit orang gagal karena tertipu dan bekerja sama dengan supplier yang tidak tepat. Untuk menghindari hal tersebut terdapat beberapa tips yang dapat kamu lakukan :

  • Pastikan produk memiliki kualitas yang baik dan bukan abal-abal
  • Carilah supplier yang terpercaya dengan meminta alamat dan kontak yang jelas 
  • Mengunjungi pabrik untuk melakukan survey secara langsung sehingga kamu dapat mengetahui proses pembuatannya
  • Perhatikan kecepatan supplier dalam merespon
  • Melibatkan Orang Terdekat

Dalam memulai sebuah usaha, pastinya kamu akan membutuhkan seseorang untuk membantu kamu dalam menjalankan bisnis. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan tanpa harus membayar karyawan yaitu melibatkan orang-orang terdekat seperti keluarga. 

Biasanya mereka akan membantu kamu dengan senang hati dan tidak akan menuntut banyak. Nantinya, jika usaha yang dijalankan sudah berkembang, kamu dapat merekrut karyawan sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan.

  • Membangun Loyalitas Pelanggan

Saat memulai bisnis, kamu juga harus membangun loyalitas dengan pelanggan. Loyalitas pelanggan dapat menjadi tolak ukur untuk mengetahui seberapa besar pelanggan yang melakukan repeat order terhadap produk yang kamu jual. 

Cara yang dapat kamu lakukan untuk membangun loyalitas pelanggan seperti cepat tanggap dalam melayani konsumen, memberikan pelayanan terbaik, memberikan reward atau penghargaan untuk pelanggan setia.

Memberikan promo pada waktu-waktu tertentu, menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan, menambahkan metode pembayaran, serta membuat kuesioner kepuasan pelanggan. Cara tersebut merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan.