Menjalin Kerjasama dengan Perusahaan Lain? Why not!

kerjasama bisnis

Membangun usaha memang butuh proses yang tidak singkat. Seiring dengan berjalannya waktu, jika usaha tersebut memiliki sistem kerja yang baik pasti akan mengalami perkembangan. Disaat berkembang itulah kita harus pintar-pintar mencari celah supaya perusahaan yang kita miliki berkembang dengan pesat. 

Disaat berkembang itu pula perusahaan kita akan terlihat kewalahan sehingga kita membutuhkan pihak lain  untuk meringankan beban kita. Seperti layaknya manusia yang membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup, begitu pula bisnis yang kita jalankan. Banyak usaha yang gulung tikar karena tidak mampu mempertahankan kualitasnya dan menutup kerjasama dengan perusahaan lain. 

Beberapa perusahaan seringkali melakukan kerjasama dengan perusahaan lain sebagai upaya untuk menambah pendapatan, memperkuat branding dan memperluas pemasaran. Seperti misalnya eksport import barang. Tapi sebenarnya apakah penting melakukan kerjasama bisnis antar perusahaan? 

Kerjasama bisnis sangat penting untuk dilakukan. Jika Anda tidak mau menjalin bisnis dengan perusahaan lain maka usaha Anda tidak akan berkembang. Pada dasarnya dilakukan kerjasama tersebut akan menguntungkan dua belah pihak.

Beberapa orang yang masih belum terbiasa menjadi pengusaha mungkin akan berpikir berkali-kali lipat untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan lain. Mereka akan takut jika malah dirugikan atau didominasi oleh perusahaan lain itu.

Maka dari itu sebelum memulai kerjasama harus dilakukan persetujuan secara hukum dengan pihak perusahaan partner. Semua harus dibahas secara terperinci dengan tujuan untuk menghindari terjadinya perselisihan di masa mendatang. 

Beberapa keuntungan menjalin kerjasama dengan perusahaan lain diantaranya adalah:

1. Memperluas wilayah pemasaran

Misalnya adalah eksport import barang. Jika tidak dilakukan eksport import barang yang kita jual tidak akan menjangkau sampai ke luar negeri. Padahal tujuan dari usaha sendiri adalah mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya. 

2. Menambah pemasukan perusahaan

Saat kita berhasil menjalin kerjasama dengan usaha lain dan konsumen bertambah, otomatis pendapatan akan bertambah.

kerjasama bisnis

3. Modal akan lebih besar

Modal yang akan didapatkan pasti lebih besar karena bukan dari satu perusahaan saja, sehingga untuk memperluas bisnis menjadi lebih mudah, apalagi jika ditambah dengan harta milik pribadi

4. Proses adapatasi cepat

Dengan mempercepat proses adaptasi dalam dunia bisnis, akan mempercepat pula dalam pengambilan keputusan

5. Keterampilan beragam

Keterampilan yang dimiliki masing-masing perusahaan dapat saling menutupi kekurangan dan keterbatasan dalam pengerjaan bisnis

6. Mencari mitra pasif lebih mudah

Mitra pasif pada dasarnya mampu mengakomodasi investor yang tidak perlu ikut terlibat dalam proses pelaksanaan bisnis. Investor hanya akan mengambil resiko sebatas dari modal yang diinvestasikan. 

Dalam memilih partner untuk berbisnis juga kita tidak boleh asal. Karena partner bisnis yang kita pilih akan berperan sangat penting dalam usaha yang kita jalani. Beberapa pertimbangan untuk memilih partner bisnis antara lain adalah:

  1. Orang/perusahaan tersebut memiliki visi dan misi yang sama dan sesuai dengan kita 
  2. Orang/perusahaan tersebut ahli dalam bidangnya
  3. Orang tersebut jujur dan terbuka dalam segala masalah dan urusan bisnis
  4. Orang tersebut selalu bersemangat dan berambisi untuk kesuksesan
  5. Orang tersebut mampu menunjukkan hasil kerja yang nyata, bukan hanya omong kosong belaka.

Beberapa poin diatas sangat penting untuk Anda perhatikan saat akan menjalin partnership dengan orang lain. Jangan sampai salah memilih partner yang malah mengakibatkan usaha yang kita dirikan dengan susah payah menjadi berantakan. 

Memilih partner perusahaan besar tapi berbeda prinsip dengan perusahaan Anda malah akan menjadikan perusahaan Anda berjalan tak menentu arah. Pilihlah partner yang sepemikiran dengan Anda dan memiliki tujuan yang sama, agar tercapai tujuan dari partnership itu sendiri.