Pengusaha Harus Siapkan Mental Ini Ketika Sudah Buka Bisnis


Pengusaha merupakan salah satu profesi idaman banyak orang. Seringkali kita memandang pengusaha hanya dari kesuksesannya saja seperti memiliki rumah mewah dan memiliki banyak uang. Namun, pada kenyataannya menjadi pengusaha tidaklah mudah. Seorang pengusaha harus mempersiapkan segalanya, tidak hanya modal tetapi juga karakter serta mental yang kuat. 

Mental yang Harus Disiapkan oleh Pengusaha

Berikut adalah sikap mental yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha sukses :

  • Cerdas Secara Emosional

Sikap mental pertama yang harus dimiliki oleh pengusaha adalah cerdas secara emosional. Seorang pengusaha dituntut untuk tidak hanya cerdas, tetapi juga dapat mengelola emosinya. Biasanya orang yang cerdas secara emosional dapat bersikap tegas dan mampu mengendalikan dirinya sendiri agar tidak melakukan hal-hal negatif. Selain itu, dengan pengelolaan emosi yang baik seorang pengusaha akan lebih berhati-hati dalam mengambil suatu keputusan.

  • Percaya Diri

Menjadi seorang pengusaha diperlukan rasa percaya diri yang tinggi. Berdasarkan hasil studi Universitas Melbourne, dikatakan bahwa seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi akan mendapatkan penghasilan yang tinggi dan dapat meraih kesuksesan lebih cepat dibandingkan dengan yang lain. Oleh karena itu, seorang pengusaha harus memiliki sikap percaya diri.

  • Berani Ambil Resiko

Mental dasar seorang pengusaha adalah berani dalam mengambil resiko. Hal ini meliputi berani dalam mengambil keputusan, berani untuk rugi, berani dalam menghadapi masalah, serta berani untuk bangkrut. Seorang pengusaha harus bisa menghilangkan rasa takut dalam menghadapi berbagai resiko tersebut. Mereka juga dituntut untuk bisa mempertimbangkan hal-hal  yang berkaitan dengan pengambilan sebuah keputusan. 

  • Mandiri

Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh seorang pengusaha adalah kemandirian. Kemandirian merupakan suatu kondisi dimana seseorang dapat melakukan dan memutuskan suatu hal tanpa bantuan disekitarnya. Seorang pengusaha sukses dituntut untuk harus mandiri, tidak bergantung pada orang lain, serta tidak mudah terpengaruh dengan instruksi orang lain.


  • Disiplin

Sikap disiplin merupakan suatu komitmen pengusaha terhadap tugas dan tanggung jawabnya dalam melakukan pekerjaan. Disiplin dapat menjadi cerminan diri seseorang ketika bekerja. Biasanya orang yang memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi adalah orang-orang yang profesional dalam bekerja. Selain itu, seseorang yang disiplin juga dapat mencapai target-target yang telah ditentukan. Oleh karena itu, seorang pengusaha dituntut untuk disiplin agar bisnis yang dibangun dapat berjalan dengan baik. 

  • Tegas

Salah satu penyebab terjadinya kegagalan dalam berbisnis adalah sikap ragu dalam mengambil keputusan. Oleh karena itu, seorang pengusaha harus memiliki sikap yang tegas dalam menentukan keputusan. Mereka harus mampu untuk mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan, mencari solusi serta membuat keputusan yang tepat. Jika seorang pengusaha tidak tegas dalam mengambil keputusan, maka akan berdampak terhadap bisnis yang dijalankan.

  • Keatif dan Inovatif

Dalam dunia bisnis, seorang pengusaha juga harus kreatif dan inovatif. Seseorang yang kreatif dapat menciptakan ide-ide unik serta dapat melihat peluang yang ada. Hal tersebut akan sempurna jika dipadukan dengan inovasi. Seorang pengusaha yang inovatif dapat menyesuaikan diri dengan kondisi saat ini serta mampu menciptakan hal-hal baru untuk kemajuan bisnisnya.

  • Tidak Takut Gagal

Seorang pengusaha sukses tentunya tidak takut akan kegagalan. Mereka menganggap bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, melalui kegagalan mereka dapat mempelajari banyak hal yang dapat membuka jalan untuk mencapai kesuksesan. Kegagalan juga menjadi batu loncatan untuk melakukan inovasi dan menentukan strategi baru.

  • Tidak Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain artinya tidak percaya terhadap kemampuan diri sendiri. Selain itu, membandingkan diri sendiri juga dapat menimbulkan perasaan cemburu dan dendam terhadap orang lain. Seorang pengusaha sukses tentunya tidak akan melakukan hal tersebut karena mereka menganggap bahwa membanding-bandingkan dapat membuang waktu dan juga energy.

  • Berorientasi pada Tujuan 

Seorang pengusaha harus berorientasi pada tujuan dalam menjalankan bisnisnya. Seorang pengusaha juga harus menyiapkan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan dan target dimiliki. Target tersebut meliputi :

  • Apa tujuan spesifik?
  • Bagaimana cara untuk mengukur keberhasilan?
  • Apakah target tersebut dapat dicapai?
  • Bersikap dan Berfikir Positif

Sikap yang harus dimiliki oleh pengusaha selanjutnya adalah selalu menanamkan pikiran dan tindakan yang positif. Sebab dengan berfikir dan bersikap positif, tidak hanya memberikan kesuksesan bagi bisnis tetapi juga memberikan manfaat kepada orang banyak. 

  • Kemampuan Interpersonal

Ketika memutuskan menjadi pengusaha, seseorang juga dituntut untuk memiliki kemampuan interpersonal. Sebab seorang pengusaha tidak hanya mengurus pekerjaan tetapi juga berinteraksi dengan banyak orang seperti klien, karyawan, supplier, serta customer. Segala aktivitas bisnis yang dijalankan memerlukan kemampuan interaksi yang baik. Oleh karena itu, kemampuan interpersonal menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam bisnis.