Tips Bersaing Secara Sehat dengan Pengusaha Lain yang Bergelut di Bidang yang Sama

Tips Bersaing Secara Sehat dengan Pengusaha Lain yang Bergelut di Bidang yang Sama

Menjadi seorang pengusaha memang banyak sekali tantangannya. Kita pasti pernah melihat sederetan toko yang menjual barang yang sama bukan? Itu merupakan contoh sederhananya. Pengusaha harus mampu bersaing dengan pengusaha lain. 

Pada dasarnya bisnis apapun pasti seorang pengusaha akan mengalami yang namanya persaingan bisnis. Entah bisnis tersebut bergelut di bidang yang sama ataupun yang berbeda. Suatu tantangan bagi pengusaha ketika dihadapkan dengan persaingan bisnis dengan pengusaha lain yang sama. Apalagi jika perusahaan Anda berada dalam satu wilayah yang sama dengan perusahaan pesaing. 

Untuk menghindari kebangkrutan, maka seorang pengusaha harus mampu belajar cara bersaing dengan sehat. Banyak pengusaha seperti misalnya pedagang yang bersaing dengan cara yang tidak baik. Terkadang mereka saling menjatuhkan di depan pembeli, dan yang paling parah adalah dengan cara yang ghaib.

Dengan cara seperti itu tentunya tidak ada keberkahan untuk usaha tersebut. Karena segala sesuatu yang tidak baik pasti hasilnya juga tidak baik dan tidak berkah. Berikut adalah cara untuk bersaing secara sehat dengan pengusaha lain: 

1. Miliki Brand

Dengan memiliki brand suatu usaha pasti dapat mudah dikenali orang banyak. Perkuat brand Anda sehingga terlihat lebih terpercaya di mata orang- orang. Cara memperkuat brand antara lain kita dapat aktif mengikuti event- event acara, atau menjadi sponsor untuk suatu event. Dengan begitu banyak orang yang akan tahu usaha kita. 

2. Mengenal Pesaing Bisnis

Dalam artian kita dapat mengetahui kelebihan dan kelemahan pesaing bisnis yang lain. Dengan begitu kita dapat menonjolkan apa yang kita miliki dan tidak ada pada pesaing bisnis yang lain. 

tips persaingan bisnis

3. Memahami Konsumen

Konsumen berhak mendapatkan pelayanan yang baik, karena konsumen merupakan target utama dalam dunia bisnis. Kita harus mengenali konsumen dan melayaninya dengan baik. Setiap konsumen pasti berbeda- beda antara satu dengan lainnya. Kita harus pintar- pintar memahami kebiasaan mereka sehingga mereka pun puas dan akan menjadi pelanggan. 

4. Promosi

Promosi adalah hal yang wajib untuk kita lakukan jika ingin mendirikan suatu usaha. Promosi akan mempercepat usaha kita dikenal banyak orang. Di zaman serba canggih ini Anda dapat mempromosikan usaha Anda lewat berbagai macam media sosial. Buat iklan promosi semenarik mungkin sehingga usaha Anda terlihat sangat menarik. 

5. Harga yang Sesuai

Harga merupakan pertimbangan pertama seseorang ketika ingin membeli suatu hal. Kenali harga barang yang sama di pasaran. Anda dapat menawarkannya dengan harga yang sedikit lebih terjangkau namun memiliki kualitas yang sama atau bahkan lebih baik. Tidak masalah jika Anda mendapatkan untung yang lebih sedikit namun pelanggan Anda lebih banyak. 

6. Selalu Berinovasi

Ketika lima hal lain diatas sudah dijalankan namun tanpa adanya inovasi dapat membuat pelanggan beralih ke pengusaha yang lain. Kita harus terus berinovasi dan memperbaiki perusahaan kita baik dari barang atau jasa yang ditawarkan maupun dari sistem perusahaan. Kita harus selalu berwawasan luas dan mengikuti perkembangan jaman. 

6 tips diatas dapat Anda pelajari untuk dapat bersaing dengan pengusaha lain. Bersaing dengan sehat akan membuat hidup Anda dan perusahaan menjadi lebih baik. Tingkatkan selalu kualitas dan mutu perusahaan supaya dapat unggul dalam bersaing dengan perusahaan lain.

Ciptakan ciri khas bagi produk perusahaan Anda sehingga produk akan unik dan lain daripada yang lain. Dengan begitu akan banyak konsumen yang tertarik pada produk yang ditawarkan perusahaan Anda. 


Leave a Reply

Your email address will not be published.